BERITA

Selamat Pemerintah dan Tau Tana Samawa atas penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023 dari Kemendikbud Ristek RI

Senin, 30 Oktober 2023   Admin   6341  

Malam puncak perhelatan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, menjadi saat yang penuh semangat bagi Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, dipenuhi kehormatan saat menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Penghargaan ini diberikan dalam rangka malam puncak AKI 2023 yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada Jumat, 27 Oktober.

PYM Sultan Muhammad Kaharuddin IV memberikan ucapan selamat yang hangat kepada Pemerintah dan Tau Tana Samawa atas prestasi gemilangnya dalam melestarikan dan memajukan budaya daerah. Dedikasi serta kerja keras yang telah ditunjukkan adalah teladan bagi kita semua dalam menjaga warisan budaya yang berharga. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi untuk terus berupaya dalam mendukung perkembangan kebudayaan lokal. Selamat atas pencapaian yang membanggakan.

Proses seleksi Anugerah Kebudayaan Indonesia yang ketat dan berlangsung cukup lama diakui oleh Dr. M. Ikhsan Safitri, M.Si, Kadis Dikbud Kab. Sumbawa. Proses seleksi untuk meraih penghargaan AKI terkenal ketat dan melibatkan berbagai tahap yang menekankan pada prestasi, dedikasi, dan inovasi dalam memajukan budaya. Ini melibatkan penilaian administrasi, presentasi, dan wawancara yang melibatkan Bupati, komunitas, serta pelaku budaya. Proses seleksi dimulai sejak Mei 2023, melibatkan peserta dari berbagai Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat kehormatan tersebut bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan Pemerintah Kota Surabaya, semuanya menerima penghargaan di kategori Pemerintah Daerah. Penganugerahan AKI 2023 membagi penghargaan kebudayaan ke dalam beragam kategori, termasuk Pelestari, Pelopor dan Pembaru, Anak/Remaja, Maestro Seni Tradisi, Lembaga dan Perorangan Asing, Masyarakat Adat, Pemerintah Daerah, dan Media. Melalui AKI yang rutin digelar setiap tahun, Kemendikbudristek bertujuan untuk memperkuat perspektif masyarakat akan pentingnya berkarya untuk Indonesia melalui kebudayaan.

 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Anggota Pajatu Adat LATS Sebagai Pemenang Hibah Dana Indonesiana 2022 dan 2023 Mengajak Penggiat Budaya Sumbawa Ikuti Seleksi Dana Indonesiana 2024

    Anggota Pajatu Adat LATS Sebagai Pemenang Hibah Dana Indonesiana 2022 dan 2023 Mengajak Penggiat Budaya Sumbawa Ikuti Seleksi Dana Indonesiana 2024

    Hibah Duplikat Pusakat Kesultanan Sumbawa untuk Museum Negeri NTB sebagai Simbol Kekuatan, Kedaulatan, dan Tradisi

    Hibah Duplikat Pusakat Kesultanan Sumbawa untuk Museum Negeri NTB sebagai Simbol Kekuatan, Kedaulatan, dan Tradisi

    Tasyakuran Pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa: Sukses Melestarikan Budaya Tana Samawa

    Tasyakuran Pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa: Sukses Melestarikan Budaya Tana Samawa