https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://elearning.ittelkom-sby.ac.id/group/s1/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://simpenmas.untirta.ac.id/panduan/-/https://lms.pelni.co.id/img/produk/https://2024.pakbejo.jatengprov.go.id/img/https://danaabadi.its.ac.id/web/-/sgacor/https://etakah.upnvj.ac.id/dive/assets/images/avatar/https://djppi.kominfo.go.id/storage/images/posts/71616whnddshdsn/dgacor/https://iqra.umpalopo.ac.id/lang/en/fonts/demo/https://elearning.uinsatu.ac.id/mahasiswa/https://www.jakarta.go.id/uploads/kcor/https://funlearning.itk.ac.id/file/-/sgacor/https://simpeg.slemankab.go.id/folder/-/tgacor/https://kapal.kkp.go.id/sicefi/assets/dokumen_lampiran/kcor/
PAJATU ADAT LATS SELENGGARAKAN KONGRES BAHASA SUMBAWA 2023 | Kesultanan Sumbawa

BERITA

PAJATU ADAT LATS SELENGGARAKAN KONGRES BAHASA SUMBAWA 2023

Kamis, 30 November 2023   Admin   2869  

Kongres Bahasa Samawa 2023 resmi dibuka pada Rabu (29/11) dengan tema “Penguatan Identitas ke-Samawa-an Melalui Penguatan Bahasa Samawa”. Acara pembukaan Kongres Bahasa Sumbawa 2023 secara resmi dibuka oleh Bupati Sumbawa (diwakili oleh Asisten Administrasi Umum) bertempat di Istana Dalam Loka. Kongres turut dihadiri oleh PYM Sultan Muhammad Kaharuddin IV (secara online), Perwakilan Bupati Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat, Keluarga Besar LATS Kabupaten Sumbawa dan juga dihadiri oleh Sejumlah Pengurus LATS Kemutar Telu Kabupaten Sumbawa Barat, Ketua MUI, serta semua tamu undangan dan peserta kongres.

Acara diawali dengan menampilkan art performance Sakeco dari siswa SDN Empang dan puisi basa Samawa dari siswa SDN Utan. Kemudian acara dilanjutkan dengan pasatotang PYM Sultan Muhammad Kaharuddin IV, dalam pasatotang yang disampaikan bahwa seseorang yang berkunjung hingga kemudian menetap di tana Sawama maka orang tersebut dianggap sebagai tau Samawa.

Selanjutnya rangkaian kegiatan kongres pada sidang utama hari pertama (29/11) membahas Variasi regional dan Bahasa Samawa Standar yang disampaikan oleh Prof. Dr. Mahsun, M.S., Problematika Pembelajaran Bahasa Samawa oleh Prof. Iwan Jazadi, Ph.D., dan Satera Jontal oleh Dea Guru Syukri Rahmat, S.Ag.,M.M.Inov.,

Untuk hari kedua (30/11) membahas Pilihan Bahasa dan Pembakuan Ejaan Bahasa Samawa yang disampaikan oleh Dr. Burhanudin, M.S., Pemerkayaan Bahasa Samawa: Perkamusan dan Peristilahan oleh Prof Simon Sabon Ola M.Hum dan Bahasa Samawa dalam Sastra dan Adat-Istiadat oleh Drs. H. Hasanuddin.

Kongres yang berlangsung dari 29-30 November 2023, bertepatan dengan 15-16 Jumadil Akhir 1445 H diikuti oleh berbagai kalangan, termasuk akademisi, praktisi bahasa, dan budayawan. Kongres ini bertujuan untuk membahas berbagai isu terkait dengan bahasa Samawa, mulai dari pengembangan kurikulum, penelitian bahasa, hingga revitalisasi bahasa.

Penutupan acara Kongres Bahasa Samawa 2023 dilakukan dengan penyerahan hasil rekomendasi kongres bahasa dan pembacaaan rekomendasi hasil kongres. Dimana, penutupan secara resmi dilakukan oleh Ketua Pajatu Adat LATS Sumbawa dan Sumbawa Barat (Kemutar Telu) dengan harapan Kongres Bahasa Samawa 2023 akan menjadi titik balik yang ideal dalam memperkuat esensi ke-Samawa-an melalui peningkatan signifikan bahasa Samawa dan semoga keberhasilan kongres menjadi rekomendasi konkret yang dapat memajukan serta merawat bahasa Samawa untuk masa depan.

 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • PYM. Sultan Muhammad Kaharuddin IV Hadiri Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa Yang Ke- 65

    PYM. Sultan Muhammad Kaharuddin IV Hadiri Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa Yang Ke- 65

    Bajiwa Desa Darat dalam rangka memperingati HUT ke-65 Kabupaten Sumbawa

    Bajiwa Desa Darat dalam rangka memperingati HUT ke-65 Kabupaten Sumbawa

    Selamat Pemerintah dan Tau Tana Samawa atas penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023 dari Kemendikbud Ristek RI

    Selamat Pemerintah dan Tau Tana Samawa atas penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2023 dari Kemendikbud Ristek RI