BERITA

PEMBUKAAN MUDZAKARAH REA LATS 2022, Gubernur NTB: Sultan Sumbawa Merupakan Sosok Global yang Memiliki Pemikiran Jauh Kedepan

Sabtu, 29 Oktober 2022   Admin    849  

Acara Pembukaaan Mudzakarah Rea Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) 2022 hari ini (29/10) dibuka dengan sambutan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengutarakan bahwa ada antusiasme yang besar dari masyarakat Sumbawa terhadap bangkitnya adat dan menguatnya identitas. Hal ini, sejalan dengan revolusi teknologi. “Di masa depan, mungkin handphone ini sudah tidak ada. Tato chip yang akan ditanamkan dalam kulit kita untuk berkomunikasi.

Nah, dengan hal-hal seperti ini bagaimana adat bisa menjawab hal ini. Adat bukan terkait masa lampau semata, tetapi juga ada pertanyaan-pertanyaa yang harus dijawab adat terkait masa depan. Sultan Sumbawa sangat terbuka, beliau hadir lebih dulu mendahului zamannya. Kalau menurut saya, beliau adalah tokoh global, karena pemikiran-pemikiran yang beliau miliki dapat melahirkan kebijakan-kebijakan terkait adat yang tidak hanya berdampak bagi orang lokal namun juga bagi dunia global. Satu lagi yang membuat saya sangat terkesan pada Sultan Muhammad Kaharuddin IV yaitu beliau selalu memiliki visi keberagaman dan berpikir jauh ke depan,” pungkas Gubernur menutupi kata sambutannya.

Sementara itu, relevan dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur NTB dalam sambutannya, Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV menyampaikan Manik Kemutarnya, yang berisi antara lain:

  1. Pentingnya Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) menangkap tanda-tanda zaman karena perubahan dunia yang sangat cepat;
  2. LATS milik seluruh Tau Samawa sehingga peran serta masyarakat harus ada dalam setiap lini LATS dengan syarat harus memiliki pengetahuan, kemampuan, kemauan untuk bergiat dalam pemajuan adat, bekerja ikhlas, dan mau bekerja bersama-sama;
  3. Di tingkat global, perubahan sangat luar biasa, sehingga diperlukan suatu pegangan (parenti) bagi Tau Samawa agar dapat memiliki ketahanan dan banteng untuk beradaptasi dengan zaman yang terus berubah;
  4. Tugas LATS ke depan, agar bersama-sama dengan masyarakat menguatkan kembali adat dan identitas Tau Samawa sehingga dapat menjaga Marwah dan Martabat Tau Tana Samawa;
  5. Kita tidak menafikkan sejarah, namun kita harus bisa menentukan sikap bahwa kita tidak lagi kembali ke belakang, dan tidak lagi membaca sejarah melalui kacamata zaman dulu. Namun mengambil kebaikan-kebaikan dari nilai-nilai adat kita yang masih relevan untuk mencapai Kerik Selamat Tau Tana Samawa.

Di sela acara pembukaan ini Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV mengumumkan Muhammad Yakub Daeng Kusuma Dewa sebagai Pariwa Adat LATS Kabupaten Sumbawa yang baru. Sebagai penutup acara pembukaan, Dr. K.H. Zulkifli Muhadli sebagai Keynote Speaker menyampaikan presentasinya yang berjudul Adat Barenti Ko Syara’, Syara’ Barenti Ko Kitabullah. Acara pembukaan Mudzakarah Rea LATS 2022 ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd.; Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rofiq; Budayawan Sumbawa, Dinullah Rayes, dan beberapa tokoh adat budaya Samawa lainnya. (MR/yam)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pasatotang Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV: “Pemilik Adat Sumbawa bukan hanya keluarga Sultan tetapi seluruh masyarakat Sumbawa”

    Pasatotang Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV: “Pemilik Adat Sumbawa bukan hanya keluarga Sultan tetapi seluruh masyarakat Sumbawa”

    Tokoh Adat dan Pemerintah Sumbawa Tinjau Lokasi Ete Ai' Kadewa, Pastikan Prosesi Pengangkatan Datu Rajamuda Lancar

    Tokoh Adat dan Pemerintah Sumbawa Tinjau Lokasi Ete Ai' Kadewa, Pastikan Prosesi Pengangkatan Datu Rajamuda Lancar

    PENGANGKATAN DATU RAJAMUDA KESULTANAN SUMBAWA

    PENGANGKATAN DATU RAJAMUDA KESULTANAN SUMBAWA