BERITA

Pesan Dea Pati Koasa Kamutar Ling Ano Rawi dalam Mudzakarah LATS Kemutar Telu: Pajatu Adat LATS Kemutar Telu Harus Bersinergi dengan LATS Kabupaten Sumbawa

Rabu, 16 November 2022   Admin   795  

Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) Kemutar Telu menyelenggarakan Mudzakarah pada tanggal 15 November 2022 sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Mudzakarah Rea LATS yang berlangsung pada tanggal 28-30 Oktober lalu. Pelaksanaan acara tersebut tambah hikmad dengan kehadiran Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV, Para Pariwa Adat yang terdiri dari Dr. K.H. Lalu Zulkifli Muhadli, M.M, Muhammad Yakub Daeng Kusuma Dewa, dan Ir. H. Iskandar Damhuji, M.Ec.Dev, serta beberapa pengurus LATS Sumbawa. Acara ini berlangsung selama sehari penuh dan bertujuan untuk memilih Ketua Pajatu Adat LATS Kemutar Telu.

Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV menyampaikan Manik Kemutar yang poin-poinnya sama dengan yang disampaikan beliau pada saat Mudzakarah Rea bulan lalu yang salah satu poin pentingnya adalah LATS harus menjadi organisasi yang terbuka dalam melibatkan semua pihak yang memiliki kemampuan, kemauan, mau bekerja ikhlas, dan mau bekerja bersama-sama dalam memajukan adat dan budaya Sumbawa.

Selain Dewa Masmawa, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. W. Musyafirin, M.M. yang memiliki gelar adat Dea Pati Koasa Kamutar Ling Ano Rawi menyampaikan poin-poin penting dalam pidatonya, antara lain bahwa beliau menyambut dengan sangat gembira kehadiran Sultan Muhammad Kaharuddin IV dalam proses Mudzakarah LATS Kemutar Telu. Beliau berharap dengan sungguh-sungguh agar adat dan budaya kita Tau Samawa benar-benar dapat diperkuat dalam setiap sendi kehidupan. Salah satu  hal yang menjadi sorotan beliau adalah semakin memudarnya adap edap di kalangan generasi muda. Ini harus diperhatikan secara bersama agar para generasi kita terjaga dan sadar akan jati diri ke-Samawa-annya. Beliau berharap berharap agar ketua Pajatu Adat LATS Kemutar Telu nanti bisa menjalankan tugas dengan baik dan bisa bersinergi dengan Pajatu Adat LATS Kabupaten Sumbawa. Di akhir pidatonya beliau berkomitmen akan memberikan dukungan demi keberlangsungan program LATS Kemutar Telu.

Acara Mudzakarah LATS Kemutar Telu ini berlangsung dengan penuh rasa keakraban dan kekeluargaan. Puncak dari acara ini adalah terpilihnya Amar Nurmansyah, S.T., M.Si sebagai Ketua Pajatu Adat LATS Kamutar Telu. (YAM)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pasatotang Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV: “Pemilik Adat Sumbawa bukan hanya keluarga Sultan tetapi seluruh masyarakat Sumbawa”

    Pasatotang Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV: “Pemilik Adat Sumbawa bukan hanya keluarga Sultan tetapi seluruh masyarakat Sumbawa”

    Tokoh Adat dan Pemerintah Sumbawa Tinjau Lokasi Ete Ai' Kadewa, Pastikan Prosesi Pengangkatan Datu Rajamuda Lancar

    Tokoh Adat dan Pemerintah Sumbawa Tinjau Lokasi Ete Ai' Kadewa, Pastikan Prosesi Pengangkatan Datu Rajamuda Lancar

    PENGANGKATAN DATU RAJAMUDA KESULTANAN SUMBAWA

    PENGANGKATAN DATU RAJAMUDA KESULTANAN SUMBAWA